Koleksi

Koleksi

Rabu, 09 Januari 2013

Eksplorasi pengaruh pada pada pilihan karier dan pendidikan


           Mengeksplorasi bagaimana konseli telah mengambil keputusan karier dimasa lalu dititik-titik pemilihan utama  (memilih berbagai opsi di sekolah, keputusan tentang pekerjaan pertama, keputusan tentang mengubah keputusan), termasuk keputusan untuk mengembalikan tawaran pekerjaan dapat membantu konselor karier dalam memformulasikan dugaan tentang beberapa jauh, di masa lalu, konseli telah mengambil keputusan dan mengikutinya.
          “kety datang ke konseling karier karena tahun pertamanya sebagai seorang trainee akutansi       benar-benar menyengsarakan , dan ia bingung tentang arah kariernya. Guru-gurunya telah memberi tahu subjek apa yang harus dipelajarinya, dan orangtuanya menyuruhnya untuk mengambil gelar bisnis karena dengan ia akan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Di perguruan tinggi, semua temanya belajar akutansi , jadi kety ikut-ikutan. Ia belum pernah sekalipun mengambil tanggung jawab untuk membuat keputusan karier”.
            Mengesplorasi ide-ide awal yang mungkin dimiliki konseli saat masih anak-anak atau remaja dan apa yang terjadi pada ide-ide itu bisa berguna di tahap ini. Ambisi karier yang tidak terpenuhi , atau minat khusus mungkin masih dibangkitkan dalam bentuk tertentu. Konseli mungkin perlu mengekspresikan berbagai perasaan (mungkin perasaan kehilangan) yang berkaitan dengan impian yang tak tercapai. (Robeth, 2012:87-88).

sumber: Nathan, Robeth dan Linda Hill. (2012) konseling karier. yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar