Koleksi

Koleksi

Rabu, 09 Januari 2013

Pengertian konseling kelompok


1. pengertian Konseling
            Proses konseling pada dasarnya dilakukan secara indifidual (between two persons). Yaitu antara seorang konseli dan konselor, walaupun dalam perkembangan kemudian ada konseling kelompok (group counseling). Pemecahan masalah dalam proses konseling itu dijalankan dengan wawancara  atau diskusi antara seorang konseli dan konselor dan wawancara itu dijalankan secara face to face. (tatap muka). Dengan urayan tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah kehidupanya dengan cara wawancara dan dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi induvidu untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa individu pada akhirnya dapat memecahkan masalah dengan kemampuanya sendiri, dengan demikian konseli konseli tetap dalam keadaan aktif memupuk kesanggupanya sendiri didalam memecahkan setiap masalah yang mungkin akan dihadapi dalam kehidupanya. Dari penjelasan diatas dapat dikemukakan bahwa konseling lebih bersifat kuratif atau korektif. (Bimo Walgito, 2010:8)
            2. Pengertian Kelompok
            Pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial yang hidup berkelompok, yang tidak bisa hidup dari bantuan orang lain. Menurut Brodbeek dan Lewin (dalam Sitti Hartinah, 2009:20). Mengemukakan bahwa kelompok dengan menggambarkanya sebagai kumpulan individu-individu yang mempunyai hubungan-hubungan tertentu, yang membuat mereka saling ketergantungan satu sama lain dalam ukuran-ukuran yang bermakna. Menurutnya kelompok adalah untuk melansungkan hidupnya karena dengan kelompok manusia dapat memenuhi kebutuhan , mengembangkan diri, mengembangkan potensi, serta aktualisasi diri.
            3. konseling kelompok (counseling Group)
            Istilah kelompok konseling sebenarnya tidak hanya digunakan di institusi pendidikan sekolah, tetapi di indonesia hanya digunakan oleh jajaran tenaga bimbingan pada jenjang pendidikan menengah dan perguruan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dalam konseling kelompok yaitu membantu mengembangkan hubungan antar pribadi melalui orang-orang berketerampilan sosial. Dan kelompok berfungsi sebagai laboratorium atau lokakarya keterampilan kelompok yang efektif.

Referensi
1. Walgito, Bimo.2010.Bimbingan dan konseling studi dan karier.Yogyakarta:ANDI
2. Hartinah, Sitti. 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung:PT Rafika Aditama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar